Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Akuntansi Sektor Publik Bagi Siswa SMK Triguna 1956 Jakarta

Authors

  • Nora Hilmia Primasari Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Desy Anggraeni Universitas Budi Luhur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.60

Keywords:

Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pemerintah, Akuntansi Nonlaba

Abstract

Akuntansi untuk sektor publik merupakan salah satu bidang akuntansi yang ruang lingkup penggunaannya untuk lembaga sektor publik. Perkembangan ilmu teknologi dan adanya peraturan baru mengenai akuntansi pemerintahan harus di antisipasi oleh berbagai pihak termasuk instansi pendidikan. Semua instansi baik instansi pemerintah maupun swasta menuntut tersedianya sumber daya manusia yang kompeten untuk berpartisipasi secara langsung dan aktif dalam mengelola keuangan sehingga tercapai tata kelola pemerintahan yang baik. Dalam rangka pengembangan pengetahuan mengenai akuntansi pemerintahan serta menciptakan lulusan yang memahami dan kompeten dalam bidang Akuntansi Pemerintahan. Maka, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan pelatihan mengenai pemahaman Akuntansi Sektor Publik. Pelatihan ini ditujukan pada siswa/i Kejuruan SMK Triguna 1956 Jakarta. Dengan adanya pelatihan maka diharapkan dapat membawa manfaat yakni dapat menambah ilmu serta menciptakan lulusan yang kompeten dibidang Akuntansi baik Akuntansi Komersial ataupun Akuntansi Pemerintahan. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting, meskipun palekasanaan secara daring antusiasme para guru dan siswa sangat baik, terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir dan keterlibatan peserta dalam berdiskusi. Kegiatan ini berhasil membantu guru dan siswa di SMK Triguna 1956 memahami akuntansi sektor publik dengan lebih baik.

References

Astuti, Elly. Juli Murwani dan Sugiharto. (2020). Pelatihan Akuntansi Pemerintahan dan Pengelolaan Dana Desa Pada MGMP Kabupaten Madiun. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 214-221.

Bastian, Indra. (2010). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Erlangga: Jakarta.

Daat, Sylvia Christina. (2019). Pelatihan Akuntansi Pemerintahan bagi Guru Akuntansi di Kota dan Kabupaten Jayapura. The Community Engagement Journal. 2(1),35–42.

Halim, Abdul dan Muhammad S. Kusufi. (2012). Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Empat. Erlangga: Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2010). PSAK 45: Akuntansi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Mardiasmo. (2005). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Renyowijoyo, Muindro. (2013). Akuntansi Organisasi Non Laba. Mitra Wacana Media: Yogyakarta.

Sangkala, Masnawaty dan Kadir, Mohammad Anwar. (2020). Pelatihan Akuntansi Organisasi Nirlaba Untuk Yayasan Pendidikan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pemerintahan Desa.

Published

2021-05-04