Kegiatan Bakti Sosial Melalui Pembagian Sembako Kepada Masyarakat di Pandemi Covid-19

Authors

  • Puji Muniarty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIBA) Bima, Indonesia
  • Nurhayati Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIBA) Bima, Indonesia
  • Wulandari Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIBA) Bima, Indonesia
  • M Rimawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIBA) Bima, Indonesia
  • Amirulmukminin Amirulmukminin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIBA) Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.74

Keywords:

Bakti sosial, Covid-19, New Normal

Abstract

Covid-19 berdampak multidimensi diberbagai sektor baik ekonomi maupun pendidikan. Saat ini penyakit ini sungguh meresahkan psikologi masyarakat karena pemebritaan diberbagai media elektronik maupun media cetak selalu menginformasikan ribuan kematian penduduk akibat positif covid-19. Masyarakat kehilangan mata pencaharian dan menurunkan minat beli akan berbagai komoditas barang dan jasa yang diperjual belikan. Walaupun saat ini sudah berada di new normal namun secara aktivitas ekonomi masih lesu dan masyarakat kekurangan kebutuhan hidup. Merespon kondisi tersebut di dies natalis ke-19 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengadakan kegiatan bhakti sosial melalui pembagian paket sembako ke masyarakat yang membutuhkan paket sembako. Metode pengabdian masyarakat dilakukan dengan pendekatan secara partisipatif dengan melibatkan langsung para dosen dan masyarakat untuk membagi secara langsung paket sembako di kelurahan Na’e dan kelurahan Sara’e sebanyak 200 paket sembako yang dilaksanakan dalam satu hari sesuai dengan isi undangan yang dishare kepada civitas akademika. Dalam pendistribusian atau pembagian paket sembako berjalan lancar dan aman serta tetap mematuhi protokoler kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Diharapkan dengan bhakti sosial tersebut dapat meringankan kebutuhan beban masyarakat yang terdampak langung dari situasi pandemi covid-19 ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didukung penuh oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, para dosen dan mahasiswa sehingga dalam pembagian paket sembako dapat terlaksana dengan baik.

References

Al-Faruqi, Radian Atho, Roshidayah Roshidayah, Husnia Najmah, & Rosa Nikmatul Fajri. (2020). Kegiatan Bakti Sosial Untuk Membantu Ekonomi Lansia Di Desa Jambeyan Pada Era New Normal. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(1), 617.

Caesar, David Laksamana, Rochmatun Nafi’ah, & Lilis Sugiarti. (2020). Gerakan Peduli Covid-19 Di Lingkungan Kampus Stikes Cendekia Utama Kudus. Jurnal Pengabdian Kesehatan 3(2), 179–88.

Karuniawati, B, E N Fauziandari, dkk. (2020). Pemberian Sembako Dan Promosi Kesehatan Pada Warga Terdampak Covid-19 Di Dusun Cengkehan Desa Wukirsari Kabupaten Bantul. Jurnal, 2(2),16–20.

Pramanik, Nuniek Dewi. (2020). Dampak Bantuan Paket Sembako Dan Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Padalarang Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora 01(12), 113–20.

Rahman, Arief. (2019). Pendekatan Partisipatif Dalam Pengembangan Komunitas. Modul Pengembangan Komunitas. Bogor: Program Prencanaan dan Pengembangan Komunitas P4W-LPPM Institutue Pertanian Bogor.

Tambunan, E, M L Purba, dkk. (2020). Pendampingan Gerakan Bakti Sosial Berbagi Paket Sembako Peduli Covid-19 Hima Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Abdimas, 58–63.

https://covid19.bimakota.go.id

Published

2021-05-04