Pelatihan Associate Certified Public Accountant pada Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Authors

  • Ida Nurhayati Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Zulaika Putri Rokhimah Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Maharani Rona Makom Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Musyafa Al farizi Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Novitasari Eviyanti Politeknik Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.84

Keywords:

Profesi Akuntan Publik, A-CPA, Pengetahuan & Pemahaman, Kompetensi & Kepercayaan Diri, Kompetensi Rekan Perikatan Audit

Abstract

Salah satu profesi yang dituntut untuk bersaing di era global adalah profesi akuntan. Akuntan memiliki peran yang sentral dalam entitas bisnis. Ikatan Akuntan Publik Indonesia menyelenggarakan ujian profesi akuntan publik yang disebut juga “CPA of Indonesia Exam” sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Republik Indonesia. CPA of Indonesia Exam dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu: Ujian Tingkat Dasar (A-CPA), Ujian Tingkat Profesional (CPA) dan Ujian penilaian kompetensi rekan perikatan audit. Kegiatan telah dilaksanakan dengan lancar pada tanggal 27 Februari 2021 mulai pukul 13.00 – 17.30 WIB. Kegiatan dilakukan secara daring mengingat masih berlakunya keadaan tanggap darurat Covid-19 yang berlaku di daerah Istimewa Yogyakarta. Dari 70 peserta yang dijadwalkan mengikuti kegiatan, terdapat dua peserta yang tidak dapat mengikuti kegiatan secara penuh. Rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi pre-test, motivasi, empat pokok bahasan, latihan soal dan post-test. Berdasarkan hasil dari pre test dan post test yang diberikan sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan dan pengamatan selama kegiatan pelatihan A-CPA berlangsung memberikan beberapa hasil. Pertama, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa UST Yogyakarta tentang materi ujian tingkat dasar (A-CPA). Kedua, meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri mahasiswa dalam ujian kompetensi rekan perikatan audit.

References

Djauhar, A.____. Memandang Profesi Akuntan dari Perspektif Media. http://www.iaiglobal.or.id/v03/files/file_publikasi/Panel%201_Media_Ahmad%20Djauhar.pdf.

P., R. A. (2019). Jumlah Akuntan Indonesia Masih Minim di Tingkat ASEAN.

https://www.tagar.id/jumlah-akuntan-indonesia-masih-minim-di-tingkat-asean.

IAPI. (2018). Upaya Meningkatkan Jumlah CPA Melalui CPA Days 2018.

https://iapi.or.id/Iapi/detail/571. Diakses 18 Feb 2021.

CNN Indonesia (2019). Indonesia Disebut Krisis Akuntan Publik. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190125132742-92-363792/indonesia-disebut-krisis-akuntan-publik.

Oktaviani, Y.S., Zoebaedi, F. dan Ani, S.M. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Menjadi Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila). Relevan, 1(1) 47-59.

Published

2021-05-04