Peran Aktif Masyarakat Dalam Menanggulangi Penyebaran Covid-19 di Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo

(Studi Kasus Dalam Tinjauan Perwali Nomor 80 Tahun 2020)

Authors

  • Husni Mubaroq Universitas Panca Marga Probolinggo, Indonesia
  • Nur Halima Universitas Panca Marga Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/jgpi.v1i1.54

Keywords:

Kebijakan Pemerintah, Respon Pemuda

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menjadi perhatian hingga saat ini. Hampir satu tahun pandemi tersebut terus menelan korban jiwa. Akibatnya tempat dan fasilitas umum yang merupakan area masyarakat melakukan aktifitas kehidupan sosial dan berkegiatan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya mengalami hambatan. Untuk menuju New Normal, pemerintah Kota Probolinggo mengeluarkan Perwali terkait Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tempat dan fasilitas umum yang mendapat respon, baik respon positif maupun respon negatif dari berbagai kalangan di masyarakat khususnya pemuda. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran aktif masyarakat dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Informan yang dipilih secara segaja yang dianggap memahami masalah yang diteliti. Data Hasil penelitian kemudian dianalisis dengan analisis kualitatf melalui tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon pemuda terhadap kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19 di Kecamatan Kademangan Kelurahan Ketapang cukup baik, terutama implementasi Peraturan Walikota Nomor 80 Tahun 2020 tentang Panduan Teknis Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan masyarakat. Respon pemuda baik secara kognitif, afektif, dan konatif di Kelurahan Ketapang mengalami perubahan pola kebiasaan, sikap, dan pemahaman mengenai pencegahan dan pengendalian Covid-19 serta tetap melaksanakan prosedur kesehatan bagi rumah makan, warung makan, cafe dan/atau restoran dan sejenisnya, bagi pemilik, karyawan, dan pengunjung.

References

DetikNews. (2020). Penyemprotan Disinfektan Di Jalan Dinilai Tak Efektif, Ini Kata Guru Besar ITS.

Hidayatullah, Muhammad Nur. (2017). Respon Masyarakat Pemuda Islam Terhadap Program Broadband Learning Center (BLC) Di Surabaya?: Studi Kasus BLC Menanggal. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Jalaludin, Rakhmat. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kompas.id. (2020). “Penyemprotan Disinfektan Antisipasi Covid-19" – Kompas.Id.”

Ningrum, dkk. (2020). Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Masker Dimasa Pandemi Guna Mencegah Penyebaran Virus COVID-19. Jurnal Abdidas 1(5), 430–35.

Nugroho, Riant. (2011). Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan-Manajemen Kebijakan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Pamungkas, Alim Harun. (2020). The Role of Youth To Improve Community Literacy About Covid-19. SPEKTRUM, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 8(1), 6–9.

Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 80 Tahun 2020 tentang Panduan Teknis Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pujiastuti, dkk. (2019). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Kebijakan dan Manajemen Publik 4(3), 1–8.

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Pemuda Indonesia 2020. Indonesia: Badan Pusat Statistik.

Thurstone, L. L., and E. J. Chave. (1929). The Measurement of Attitude. Chicago: University of Chicago Press.

Widodo, Joko. (2013). Analisis Kebijakan Publik: Konsep Dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.

Winarno, Budi. (2014). Kebijakan Publik: Teori, Proses Dan Studi Kasus. Jakarta: CAPS.

WHO. 2020a. Report of the WHO-China Joint Mission on Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). The WHO-China Joint Mission on Coronavirus Disease 2019 1 (February) : 40.

WHO. 2020b. “WHO | Pneumonia of Unknown Cause – China. WHO.

Published

2021-04-12