Efektivitas Sistem Parkir Elektronik (E-Parkir) Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Surakarta

(Studi Kasus Jalan Dr. Radjiman)

Authors

  • Silvanda Dewi Pradita Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Is Hadri Utomo Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/jgpi.v1i1.67

Keywords:

Efektivitas, Sistem Parkir Elektronik, Pengelolaan Parkir

Abstract

E-Parkir merupakan pelayanan perparkiran untuk mewujudkan parkir yang aman, nyaman dan transparan, diharapkan mampu melancarkan tarif progresif sehingga perselisihan juru parkir dengan masyarakat dapat dihindari. E-Parkir dimaksudkan untuk mengurangi praktik juru parkir liar serta kebocoran retribusi dapat diatasi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menilai efektivitas E-Parkir menggunakan teori Budiani yang memuat ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan dan pemantauan program. Hasil penelitian menunjukan masih kurang efektif dinilai dari sosialisasi masih kurang diberikan pada masyarakat sehingga masih belum mengetahui E-Parkir. Tujuan program juga belum semuanya tercapai karena masih ditemukan beberapa juru parkir tidak mengoperasikan alat serta kesadaran juru parkir dan masyarakat kurang, namun sudah efisien menghadapi perselisihan juru parkir dengan pengguna. Meskipun demikian ketepatan sasaran sudah tepat dimana sasarannya masyarakat, Dinas Perhubungan Kota Surakarta dan Juru Parkir. Adapun pemantauan program sudah efektif yang diikuti pendampingan dan evaluasi perbaikan telah rutin dilaksanakan.

References

Anugrah Yulmida, dkk. (2017). Analisis Kinerja Parkir Sepanjang Jalan Walikota Mustajab Surabaya. UKaRsT, 1(1), 39-46.

Artamalia, D. E., & Prabawati, I. (2019). “Evaluasi Program E-Parking di Kawasan Parkir Balai Kota Surabaya. Publika, 7(3).

AS, Y. A. (2013). Analisis Penerapan E-Government di Kabupaten Sragen. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, 3(1), 49-66.

Astuti, D. P., Dewi, G. A., & Julianto, I. P. (2019). Analisis Efektivitas Penggunaan Sistem E-Parking dalam Pembayaran Retribusi Parkir di Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi (JIMAT), 10(3), 390-401.

Budiani, N. W. (2009). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 2(1), 49-57.

Lestari, R. P., & Murt, I. (2015). Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri)(Studi Kasus di Desa Sedengan Mijen, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Administrasi Publik: JPAP, 1(1), 195-201.

Negara, N. W., Ariawan, I. M., & Nursanjaya, K. D. (2018). Kelayakan Finansial Pemasangan Parkir Meter untuk On Street Parkir di Kota Denpasar (Studi Kasus: Jalan Maluku). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 22(1), 1-6.

Pasolong, H. (2008). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Published

2021-04-01