Program Pendampingan Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Bumbu Dapur Tradisional Kelurahan Kassi-Kassi Makassar

Authors

  • Daryanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP, Indonesia
  • Syarief Dienan Yahya Institut Teknologi dan Bisnis Kalla , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v2i2.295

Keywords:

Bumbu Instan, Digitalisasi UMKM, Akuntansi UMKM, Brand Image UMKM

Abstract

Mitra pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah kelompok Industri Rumah tangga penghasil beraneka bumbu masak tradisional yang telah berjalan selama kurang lebih 4 tahun yang terdiri dari Ibu -Ibu yang berasal dari Kelurahan Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Dari hasil pengamatan ditemukan bahwa mitra memiliki beberapa permasalahan dalam menjalankan usahanya yang terdiri dari aspek produksi, aspek manajemen, dan aspek pemasaran. Pada pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini pengusul berupaya melibatkan partisipasi mitra secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan mulai dari tahapan perencanaan hingga tahapan pelaporan kegiatan. Pendekatan brainstorming dan pelibatan aktif mitra digunakan agar dalam pelaksanaannya setiap kegiatan dan perencanaan solusi permasalahan mitra dapat tepat sasaran. Fokus dalam kegiatan pengabdian ini meliputi peningkatan kapasitas produksi mitra, capacity building, pelatihan dan pendampingan pengelolaan UMKM, diversifikasi produk dan pengembangan brand awareness produk mitra. Di akhir program mitra telah berhasil melakukan peningkatan pengetahuan pengelolaan usaha, peningkatan kualitas produk, peningkatan kapasitas produksi, melakukan pemasaran antar kota, dan memanfaatkan digital marketing dalam proses pemasaran. Target luaran yang telah ditentukan sebelumnya diukur dengan indikator keberhasilan secara kuantitatif sehingga dapat memudahkan dalam pengukuran keberhasilan di akhir program pengabdian.

References

Efa Wahyuni. (2021). Penerapan Standard Operation Procedure (SOP) Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Aa Bento Kelurahan Ujung Menteng Jakarta Timur. Jurnal Andhara Volume 1 Nomor 1. ISSN: 2776-8821, e-ISSN: 2776-883X.

Florensi W. Mikael, dkk. (2020). Analisis Mutu dan Ekonomi Penerapan Pengemasan Vakum Bawang Daun Potongan (Allium Fistulosum L.) Selama Penyimpanan. Jurnal Teknologi Pertanian (Agricultural Technology Journal) Vol 11, No 2 (2020). ISSN: 2685-1954

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). Siaran Pers - UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Diakses melalui tautan https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Putri Trulline. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi Volume 5 Nomor 2. ISSN: 2548-3242, e-ISSN: 2549-0079.

Yahya, S. D., & Yulianto, H. (2019). Pengujian Technology Acceptance Model Pada Mobile Banking Sebagai Determinan Performa UMKM di Kota Makassar. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, Vol 8 No 3, hal. 251- 261. p-ISSN: 2252-3037, e-ISSN:2622-0806.

Published

2022-11-30