STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA MINYAK GOSOK OLES DAN MINUM CAP PENDEKAR KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN

Authors

  • Abdul Sumarlin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Rostiaty Yunus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Dyan Fauziah Suryadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Egar Egar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Iin Saputri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v3i2.442

Keywords:

Minyak Gosok Oles dan Minum Cap Pendekar, Tata Kelola Manajemen Bisnis, Tata Kelola Keuangan, Website Digital Marketing

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pengembangan produk IRT (Industri Rumah Tangga) Cap Pendekar Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan yang beralamat di blok E3 No. 15 Perumahan Bumi Pallangga Mas 1 yang telah berjalan sejak tahun 1970 an asli Makassar yang merupakan racikan dari turun temurun. Hasil observasi tim pengusul menemukan beberapa permasalahan seperti pengelolaan manajemen menerapkan manajemen keluarga, minimnya pengetahuan tentang Manajemen, Pemasaran, Keuangan, Produksi. Dari segi design kemasan masih tergolong tradisional, peralatan produksi masih kurang, belum memiliki website untuk memasarkan dan mempromosikan produknya.  Tujuan dari kegiatan ini untuk peningkatan kualitas, kapasitas, efisiensi pengendalian, dan diversifikasi produk. Tim pengusul menggunakan beberapa metode seperti pendekatan konsultasi, pelatihan, peneltian analisis, pengembangan dan inovasi, kolaboratif, teknologi, kapasitas, pemasaran, tata kelola keuangan, dan kinerja. Pada akhir program telah berhasil menciptakan aroma yang menjadi ciri khas dari produk, mampu melakukan peningkatan pengetahuan manajemen tata kelola yang baik, peningkatan kualitas, kapasitas, ekspansi pemasaran ke wilayah lain, dan penerapan website digital marketing. Evaluasi target luaran wajib yang sebelumnya ditetapkan dilakukan melalui pengukuran kuantitatif dengan menggunakan indikator keberhasilan yang telah disepakati sebelumnya sehingga memungkinkan penilaian yang lebih obyektif  terhadap pencapaian tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini.

References

Anggriani, Putri. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Keunikan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Minyak Kutus-Kutus Di Kota Pekanbaru.”

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(2), 215–221.

Fadhli, M., & Sahir, S. H. (2020). Keterampilan Manajerial Efektif. Yayasan Kita Menulis.

Florita, A., Jumiati, J., & Mubarak, A. (2019). pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah oleh Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(1), 143–153.

Gunawan, C. I., Solikhah, S. Q., & Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era Covid-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200–207.

Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh modal, tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm di kabupaten purbalingga. Kinerja, 17(2), 305–313.

Ibrahim, A., Rifa’i, B., & Dewi, R. (2020). Pemberdayaan masyarakat melalui PKBM untuk meningkatkan keterampilan masyarakat miskin. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(4).

Irawati, W., Yurnalis, Y., Nurhalis, N., & Marlina, L. (2021). Penguatan Usaha Ekonomi Melalui Bantuan Peralatan Usaha Bagi Masyarakat Dhuafa. Prosiding Seminar Abdimas Indonesia (SAI), 1(1), 31–39.

Irfan, M., & Mataputun, D. R. (2021). Pelatihan Kerja dan Pengaruhnya terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), 1(1), 15–26.

Rokhmah, B. E., & Yahya, I. (2020). Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf, 1(1), 20–31.

Sianturi, R. D. (2020). Manajemen pemasaran menggunakan analisis swot pada umkm guna meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 45–50.

Walujo, D. A., Koesdijati, T., & Utomo, Y. (2020). Pengendalian kualitas. Scopindo Media Pustaka.

Wijaya, R. A., & Setiawati, N. M. (2021). Implementasi Supply Chain Management pada PT Central Proteina Prima Tbk. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 1, 153–165.

Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. Mbia, 19(3), 293–308.

Published

2023-11-14