PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH GURU MGMP DI KABUPATEN BONE

Authors

  • Andi Surya Anugerah Universitas Sipatokkong Mambo
  • Rusdi SMK Negeri 7 Bone
  • Asmaul Husnah Amri Universitas Pancasakti Makassar

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v4i1.494

Keywords:

Pelatihan, Media, Macromedia Flash

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi dengan guru-guru pada saat pertemuan MGMP Matematika SMA/Sederajat, diperoleh sebagian besar guru SMA di Kabupaten Bone masih menerapkan sistem Teacher Centered Learning dengan memanfaatkan media papan tulis sebagai sarananya. Tujuan dari kegiatan PKM ini yaitu guru matematika yang tergabung dalam MGMP di Kabupaten Bone dapat 1) meningkatkan keterampilan guru matematika dalam penggunaan perangkat lunak Macro Media Flash, 2) Membekali guru dengan kemampuan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif dan menarik. 3) Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui media yang lebih efektif, 4) Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media pembelajaran yang inovatif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah berupa pemberian materi dasar Macromedia Flash, latihan/praktek pembuatan media pembelajaran dan presentasi media pembelajaran yang telah dibuat oleh peserta. Ada dua evaluasi yang dilakukan dalam pengabdian ini, yaitu evaluasi kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan mempresentasikan media yang telah dibuat guru dan evaluasi kegiatan pelatihan yang telah dilakukan dengan menganalisis angket yang diberikan kepada peserta. Adapun hasil dari Pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash bagi guru MGMP Kabupaten Bone berhasil mencapai tujuannya dimana para peserta memperoleh keterampilan yang berharga dan menghasilkan materi pendidikan berkualitas yang dapat meningkatkan proses belajar mengajar.

References

De Vega, N., & Rafiqa, S. (2019). The Implementation Of Interactive Learning Media Using Macromedia Flash For Primary Education In Tarakan. Borneo Journal of English Language Education. Vol .1 (1): 4-12.

Mardhatillah & Fahreza, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Professional 8 untuk Kelas V SDN Kasik Putih Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Visipena. Vol 8 (2): 262-279.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Rahmaibu, F.H., Ahmadi, F., dan Prasetyaningsih, F.D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar. Vol. 7 (1): 1-10.

Sudarsana, I. . (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kurikuum di Sekolah (Perspektif Teori Konstruktivisme). Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Tandiangnga, T., dan D. Setyaningsih, 2019. Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa/I Kelas I SDN Inpres Melam Hilli Dan SDN Inpres Kemiri Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Jurnal Pengabdian Papua. 3(3): 74-78.

Trisna, A., & Nasution, R. S. (2018). Developing Macromedia Flash for Teaching Speaking Materials for Students. Proceedings of the 1 st Annual International Conference on Language and Literature. Vol 1 (1): 21-26.

Trisnawati, L, Fadila A. and Farida, F. (2018). Pengembangan Audio Visual Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Dimensi Tiga. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), pp 499-506.

Umam, K. (2016). Pengaruh Menggunakan Sofware Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), pp.84-92.

Widoyoko, E. P. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2024-05-30