Kapabilitas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dalam Program Keluarga Berencana Ditinjau dari Collaborative Governance

Authors

  • Anggun Shintha Bella Universitas Panca Marga, Indonesia
  • Siti Marwiyah Universitas Panca Marga, Indonesia
  • Andhi Nur Rahmadi Universitas Panca Marga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/jgpi.v2i1.313

Keywords:

Kapabilitas, BKKBN, KB, Collaborative Governance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kapabilitas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam Pengendalian Kuantitas Penduduk Di Desa Krucil, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Fokus penelitian ini adalah langkah yang dilakukan oleh BKKBN dengan target pengendalian kelahiran dan penurunan angka kematian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang disajikan menggunakan data primer dan sekunder melalui observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, BKKBN dalam pengendalian kuantitas penduduk sudah melakukan tugasnya secara maksimal, hal ini dapat dilihat dari penguatan akses pelayanan KB (Keluarga Berencana) dengan memberikan sosialisasi, pelatihan peningkatan kompetensi Manajerial dan Sosiokultura bagi tenaga Petugas Keluarga Berencana (PKB) dan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB). Kemudian BKKBN juga telah memberikan pelatihan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada civil society seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh penting yang ada diwilayah Kecamatan Krucil. Dapat disimpulkan bahwa keberhasilan BKKBN tidak terlepas dari peran 3 elemen, yaitu elemen pemerintahan (government), elemen kelompok professional front-line (private sector), elemen masyarakat (society) selanjutnya disebut collaborative governance.

References

Pragita, R., Boham, A., & Rembang, M. (2021.). Persepsi Masyarakat Tentang Pentingnya Keluarga Berencana di Desa Doloduo Kecamatan Dumoga Barat. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 3(1), 1-11.

Bhakti, I. S. G., & Lubis, R. K. (2021). Efektivitas Sosialisasi Program Keluarga Berencana Di Kampung Keluarga Berencana. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 5(1), 39-52.

Moenir. (2008). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2010, Tentang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah.

Jusliati, Abd.Kadir Adys, Haq, Nasrul. (2018). Pelaksanaan Program Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Kolaborasi, Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 16-33.

Linda Sari, N. (2018). Kinerja Penyuluh Program Keluarga Berencana Di Kecamatan Cendrana Kabupaten Maros. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar.

Aisyah, Nur., Purwanda, Eka. (2019). Analisis Kapabilitas Karyawan Bagian PPIC Di PT.Idola Selaras Abadi. Prosiding, FRIMA, Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 855-863.

Rahmi Putri, A. (2021). Proses Collaborative Governance dalam Implementasi Program Konservasi Penyu di Desa Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Mayasari Br Damanik, K. (2020). Pengaruh Efektivitas Program Keluarga Berencana Dan Pertumbuhan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Di Kota Medan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Luqito Chusuma Arrozaaq, D. (2020). Collaborative Governance (Studi Tentang Kolaborasi Antar Stakeholders Dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kabupaten Sidoarjo). Tesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Kusdi. (2009). Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta : Salemba Humanika.

Kumara Dewi, L. (2020). Fungsi Administrasi Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung. Jurnal Sosial dan Humanis Sains, 5(1), 34-46.

Published

2022-04-30