Akuntabilitas Pemerintahan Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa

Authors

  • Anirwan Anirwan Universitas Pancasakti Makassar, Indonesia
  • Irawansyah Irawansyah Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia

Keywords:

Akuntabilitas, Pengelolaan Keuangan, Dana Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pemerintahan desa dalam pengelolaan dana desa di Desa Satar Ruwuk Kecamatan Satarmese Barat Kabupaten Manggarai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data yang diperoleh melalui wawancara dengan subjek penelitian yang dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi sebagai proses awal analisis. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif dan disimpulkan sesuai dengan pertanyaan rumusan masalahnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Desa Satar Ruwuk sudah sepenuhnya berjalan sesuai amanat dari pemerintah atasan. Hal ini dibuktikan dengan kewajiban dari pemerintah Desa Satar Ruwuk untuk melakukan pertanggungjawaban atas aspek yang telah dikelolanya kepada pemangku kepentingan dan masyarakat, dan dalam pelaksanaan pembangunan, peran masyarakat dalam menilai akuntabilitas pemerintah desa diwujudkan dalam bentuk informasi anggaran yang digunakan dalam bentuk papan tender. Serta daya tanggap yang cukup baik dari pemerintah desa atas segala kritik dan saran dari masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa. Namun dalam proses perencanaan penggunaan dana desa pemerintah Desa Satar Ruwuk masih belum menerapkan sistem pemerintahan yang terbuka kepada masyarakat. Karena dalam menentukan program pembangunan tahunan masyarakat tidak dilibatkan secara langsung dalam forum musyawarah desa.

References

Andriani, U., & Zulaika, T. (2019). Peran Perangkat Desa dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akademi Akuntansi (JAA), 2(2), 119-144.

Afni, I. N. (2017). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Urut Sewu Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Anggara, I. (2019). Analisis Akuntabilitas Laporan Keuangan pada PT. PBRS Puduarta Insansi Medan. Skripsi.

Arief Rahman, S. E., & Com, M. (2018). Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa Terhadap Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus: Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul).

Asmawati, I., & Basuki, P. (2019). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa. Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 63-76.

Astuty, E. (2013). Akuntabilitas Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES)(Studi pada Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2011 di Desa Sareng Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Publika, 1(2).

Atiningsih, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Aparatur Pengelola Dana Desa, Partisipasi Masyarakat, dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(1), 14-25.

Aqidah, N., & Hariani, D. (2019). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Desa Tumapel Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Journal of Public Policy and Management Review, 8(2).

Haerani, H. (2017). Implementasi Nilai Budaya Siri’na Pacce dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Tanabangka Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Hanafie, H., Nugraha, A., & Huda, M. (2019). Akuntabilitas Dana Desa (Kajian Tentang Akuntabilitas Dana Desa di Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep). JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan): Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah, 4(1), 39-46.

Hasniati, H. (2016). Model Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 15-30.

Karlinayani, S., & Ningsih, E. S. (2018). Akuntabilitas Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Studi Pada Alokasi Dana Desa di Kabupaten Gayo Lues). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 3(2), 309-316.

Napisah, L. S., & Taufiqurachman, C. (2020). Model Pengelolaan Dana Desa Melalui Prinsip Akuntabilitas Publik dan Transparansi di Kabupaten Bandung. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 6(2), 79-88.

Ngakil, I., & Kaukab, M. E. (2020). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 3(2), 92-107.

Patarai, I. (2015). Ombudsman Dan Akuntabilitas Publik. Makassar: De La Macca.

Putra, I. M. Y. D.,& Rasmini, N. K. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi Masyarakat Pada Efektivitas Pengelolaan Dana Desa. Eurnal Akuntansi, 28(1), 132-158.

Raba, M. (2020). Akuntabilitas Konsep Dan Implementasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahum, A. (2015). Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Pembangunan Fisik Desa Krayan Makmur Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(4), 1623-1636.

Rahardjo, M. (2018). Antara Konsep, Proposisi, Teori, Variabel dan Hipotesis dalam Penelitian.

Ramadhan, S. (2017). Pelaksanaan Prinsip Good Governance Dalam Alokasi Dana Desa (Add) Di Desa Tembeling Kecamatan Teluk Bintan Kabupaten Bintan Tahun 2015.

Salsabila, R., Burhanuddin, B., & Kalsum, U. (2019). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2017 di Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Sangki, A. A., Gosal, R., & Kairupan, J. (2017). Penerapan Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Suatu Studi di Desa Tandu Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow). Jurnal Eksekutif, 1(1).

Sari, R. M. (2015). Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Desa Bendosari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK), 7(2), 139-48.

Tasya, T. S. A. (2020). Optimalisasi Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Pengawasan Dana Desa (Studi Kasus Ds. Wonoploso Ds. Gondang, Kab. Mojokerto) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT).

Ultafiah, W. (2017). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi Terhadap Pengelolaan Dana Desa Untuk Mewujudkan Good Governance Pada Desa di Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palembang)

Published

2022-04-30