Implementasi Pengurusan Izin Lembaga Pelatihan Kerja Swasta

(Studi di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo)

Authors

  • Yusron Adhan Verdiansyah Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Robby Darwis Nasution Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Yusuf Adam Hilman Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Jusuf Harsono Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/jgpi.v2i2.341

Keywords:

Implementasi, Lembaga Pelatihan Kerja Swasta, Sistem OSS

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi pengurusan izin Lembaga Pelatihan Kerja Swasta di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo. Rendahnya kualitas tenaga kerja Indonesia yang mengakibatkan masyarakat tidak mempunyai penguasaan ilmu pengetahuan yang mumpuni. Pemerintah Indonesia mendirikan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta ini sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia tenaga kerja Indonesia. Pemerintah menerbitkan kebijakan pelayanan berusaha berbasis elektronik berbentuk Peraturan Pemerintah No 24 tahun 2018 tentang perizinan Berusaha Terintegrasi secara elektronik atau yang disebut dengan Online Single Submission (OSS) pada Juli 2018. Sistem OSS ditujukan dalam rangka untuk mempersingkat waktu serta memangkas panjangnya birokrasi dalam proses permohonan perizinan. Namun dalam pelaksanaannya system OSS sering mengalami error sehingga menyebabkan menghambat proses perizinan. Penelitian tentang implementasi pengurusan izin Lembaga Pelatihan Kerja Swasta ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang meneliti pada kondisi obyek alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Temuan dari penelitian ini adalah proses implementasi berjalan dengan lancar akan tetapi terdapat kendala aplikasi OSS sering error dan fasilitas internet dan sarana prasarana kurang memadai. Dinas tenaga kerja ponorogo dalam meningkatkan kualitas pengurusan izin lembaga pelatihan kerja swasta dengan menambahkan personil tim/petugas verifikasi kepada pihak provinsi maupun pusat dengan memberikan pelatihan/bimtek/sosialisasi terhadap aplikasi OSS guna memperbaiki dan meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana agar memadai.

References

Faridah, J. S. (2021). Doctoral dissrtation UMSU. Efektivitas Penerapa Sistem Online Single Submission (OSS) dalam rangk meningkatkan Pelayanan Perizinan Usaha Pariwisata di kota Medan .

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2016. (n.d.). Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2016. Retrieved from www.kemnaker.go.id:https://jdih.kemnaker.go.id/asset/data_puu/permen_17_2016.pdf.

Oktavia. (2019). Analisis Penerimaan Sistem Pelayanan Online Single Submission Menggunakan Teori Technologi Acceptance Model DI Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang.

Putri, H. A. (2018). Prosiding Seniati. Analisis Regresi Non Linier Model Logistik , 62-67.

Sinambela, L. (2014). Reformasi Peayanan Publik. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Analisis Data. Retrieved from Metode Penelitian: http://eprints.umm.ac.id/41437/4/BAB%20III.pdf.

Sugiyono. (2015). Dokumentasi. Retrieved from Bab III Metode Penelitian: http://repository.unpas.ac.id/30575/5/BAB%20III.pdf.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Retrieved from Bab III Metode Penelitian: https://dspace.uc.ac.id/bitstream/handle/123456789/1340/BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN.pdf?sequence=10&isAllowed=y.

Sugiyono. (2015). Observasi. Retrieved from Bab III Metode Penelitian:

http://repository.unpas.ac.id/30575/5/BAB%20III.pdf.

Sugiyono. (2015). Wawancara. Retrieved from Bab III Metode Penelitian: http://repository.unpas.ac.id/30575/5/BAB%20III.pdf.

Published

2022-10-15