Peningkatan Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu dan Anak Melalui Penggunaan Lembar Deteksi Risiko Kehamilan Pada Pelayanan Antenatal Care (ANC) Terpadu di Kabupaten Sinjai

Authors

  • Fitri Amalia Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Indonesia
  • Muhammad Irsyad Sayuti PPSDM Regional Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/jgpi.v3i1.404

Keywords:

Ibu Hamil, Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi, Antenatal Care, Lembar Deteksi Risiko Kehamilan

Abstract

Pembangunan kesehatan masyarakat merupakan bagian penting dari pembangunan nasional secara keseluruhan. Salah satu indikator tingkat kesehatan masyarakat adalah angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Semakin tinggi angka kematian ibu dan anak di suatu negara, maka semakin buruk kondisi kesehatan di negara tersebut. Hal ini karena ibu hamil dan bayi merupakan kelompok rentan yang membutuhkan perawatan terbaik dari tenaga kesehatan. Pemeriksaan kehamilan sangat penting diketahui dan dilakukan oleh ibu hamil karena dapat menurunkan angka kematian ibu dan anak dengan memahami risiko komplikasi selama kehamilan, persalinan dan masa nifas. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk melihat penggunaan lembar deteksi risiko kehamilan dalam peningkatan upaya penurunan angka kematian ibu dan anak. Adapun teknik pemilihan sampel pada tahapan uji coba pengisian lembar deteksi risiko kehamilan adalah teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu ibu hamil K1 (Kunjungan Pertama). Untuk mengetahui keberhasilan dari gagasan kreatif menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Uji coba dilakukan kepada 9 ibu hamil K1, dan didapati 2 orang berisiko dan 7 orang lainnya tidak berisiko. Petugas pelayanan ANC menganggap bahwa lembar deteksi risiko kehamilan mudah dalam pengisiannya dan efektif dalam mendeteksi risiko kehamilan.

References

Arkandi, I. & Winahju, W.S. 2015. Analisis Faktor Risiko Kematian Ibu dan Kematian Bayi Dengan Pendekatan Regresi Poisson Bivariat di Provinsi Jawa Timur Tahun 2013. Jurnal Sains dan Seni ITS Vol.4 No. 2.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu Edisi Kedua. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu Edisi Ketiga. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2022. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Lubis, K., Simanjuntak, P., & Manik, D.J., 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Gunung Beringin Kec. Panyabungan Timur Mandailing Natal Tahun 2022. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia Vol 2 No.3 November 200 hal 01-08.

Negussie, B.B., Hailu, F.B., & Magenta, A.D. 2017. Knowledge and Practice of Essential Newborn Care and Associated Factors among Nurses and Midwifes Working at Health Centers in Jimma Zone, Ethiopia, 2016. Journal of Nursing & Care Vol 07 No.01.

Nugrahaeni, A., Mahkota, R., & Adisasmita, A., 2016. Pengaruh Komplikasi Kehamilan Terhadap Kematian Neonatal Dini di Indonesia (Analisis Data SDKI 2007). Media Medika Muda Vol.1 No.1.

Respati, S.H., Sulistyowati, S., & Nababan, R. 2019. Analisis faktor Determinan Kematian Ibu di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi Vol. 6 No. 2.

Tristanti, I. & Puspitasari, I. 2021. Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Jadwal Pemeriksaan Kehamilan di Jepara, Jawa Tengah (Studi Eksploratif). Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol. 12 No. 2.

Windari, A.P. & Lohy, S.A., 2019. Upaya Deteksi Dini RisikoTinggi Kehamilan Ditentukan Oleh Pengetahuan dan Pemeriksaan Kehamilan di Pulau Osi. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat Vol.1 No.4.

Zuchro F., Zaman C., Suryanti, D., dkk., 2022. Analisis Antenatal Care (ANC) Pada Ibu Hamil. Jurnal ‘Aisysyiah Medika Vol. 7 No.1 .

Published

2023-04-29