Optimalisasi Pelayanan Pokdakan Berbasis Microsite

Authors

  • A. Hasriani Hasan Basri Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/jgpi.v3i1.407

Keywords:

Kelompok Pembudidaya Ikan, Pelayanan, Pengoptimalan

Abstract

Analis Budidaya Perikanan sebagai salah satu jabatan yang ada di lingkup Dinas Perikanan memiliki salah satu tugas untuk membantu pimpinan dalam pelaksanaan pemberdayaan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan). Dalam upaya pemberdayaan, pelayanan kepada Pokdakan perlu di optimalkan. Akses untuk mendapatkan informasi serta kemudahan dalam mengajukan proposal bantuan dan Surat Keterangan Terdaftar yang menjadi bagian tak terpisahkan dengan proposal bantuan perlu didukung dengan adanya layanan yang mudah di akses. Menurut data statisitik perikanan budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai Tahun 2021, jumlah Pokdakan yang ada di Kabupaten Sinjai berjumlah 171 Pokdakan yang tersebar di 8 Kecamatan. Luasnya sebaran Pokdakan, menyebabkan perlunya layanan yang mudah di akses oleh Pokdakan meskipun tidak harus datang ke kantor Dinas Perikanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran dari LAHABETE dalam memberikan pelayanan yang bermanfaat terhadap Pokdakan di Bidang Perikanan Budidaya. Untuk mengetahui tanggapan/respon Pokdakan terhadap LAHABETE peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui kuisioner dengan pemilihan 3 Pokdakan di wilayah Sinjai Timur yang merupakan peserta sosialisasi. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan, penggunaan Layanan Terhadap Pokdakan Berbasis Microsite (LAHABETE) memberi manfaat positif bagi Pokdakan dalam pelayanan di Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai. Pokdakan menganggap LAHABETE mudah dalam akses dan penggunaan, isi layanan sangat sesuai dengan pekerjaan mereka sebagai pembudidaya ikan, dan sangat berguna bagi Pokdakan. Terdapat 2 Pokdakan yang telah memanfaatkan LAHABETE dalam mengajukan proposal bantuan.

References

Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai (2021). Laporan Kinerja Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai Tahun 2021. Sinjai: Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Hastrida, A. (2021). Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah: Manfaat Dan Risiko. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 25(2), 1. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/view/3920.

Mustaqimah, dkk. (2023). Pengembangan Media Flashcard dengan Panduan Belajar Sambil Bermain Menggunakan Microsite untuk Pembelajaran Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Ilmiah kependidikan Universitas Negeri Gorontalo, 17 (1), 378.

https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/17159.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T, (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 319. http://eprints.unm.ac.id/19185/1/03.%20Media%20Pembelajaran%20Audio%20Visual%20Berbasis%20Aplikasi%20Canva.pdf.

Safitri, D., & Jamilah, F. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Menganalisis Teks Prosedur Menggunakan Aplikasi Capcut Pada Kelas XI Man 2 Yogyakarta. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta, 3. http://repository.upy.ac.id/3416/.

Tangke, U. (2011). Pemanfaatan Sistem Informasi Perikanan Dalam Pengelolaan Sumberdaya. Jurnal Ilmiah agribisnis dan Perikanan (agrikan UMMU-Ternate), 4(2), 53-54. https://ejournal.stipwunaraha.ac.id/AGRIKAN/article/view/121.

Windiarti, N. A., & Ma’ruf, M. F. (2015). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mino Tirtorejo di Desa Tunjungrejo Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Jurnal S1 Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Surabaya, 3(8), 3. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/13400/12300

Published

2023-04-29