FORMULASI DAN UJI EFEKTIVITAS SEDIAAN LILIN AROMATERAPI EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP NYAMUK AEDES AEGYPTI

Authors

  • Fitriani Fajri Ahmad Universitas Megarezky Makassar, Indonesia
  • Zulfiah Idris Universitas Megarezky Makassar, Indonesia
  • Monica Tolo Universitas Megarezky Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/papsjournals.v3i1.488

Keywords:

Ekstrak daun salam, lilin aromaterapi, antinyamuk, nyamuk Aedes aegypti

Abstract

Daun Salam merupakan salah satu jenis tanaman obat yang memiliki banyak manfaat salah satu diantaranya adalah sebagai antinyamuk kerena mengandung metabolit sekunder seperti flavonoid, tannin dan saponin.

Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan lilin aromaterapi ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) dan untuk mengetahui sediaan lilin aramoterapi ekstrak daun salam (Syzygium polyathum) memiliki efektivitas terhadap nyamuk Aedes aegypti serta untuk mengetahui konsentrasi paling efektif yang dapat membunuh nyamuk Aedes eagyti. Metode maserasi digunakan untuk mengambil ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) Formula terdiri dari sampel ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) dengan masing-masing konsentrasi 6%,8% dan 10%, Parafin padat, asam stearat sebagai basis lilin dan Colorant red sebagai pewarna. Sediaan lilin aromaterapi dievaluasi meliputi uji organaleptik, uji waktu bakar dan uji efektivitas nyamuk Aedes aegypti.

Hasil penelitian pada pengujian evaluasi sediaan uji organaleptik, uji waktu bakar, dan uji efektivitas nyamuk Aedes aegypti sesuai dengan perameter sediaan lilin aromaterapi dan sediaan lilin aromaterapi ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) yang paling efektif terhadap nyamuk Aedes aegypti adalah konsentrasi 10%.

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles