Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dari Kimia Dasar Berbasis Android

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.129

Keywords:

Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Kimia, Android, Aplikasi Pembelajaran

Abstract

Penerapan media pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit yang merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan smartphone untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa berbasis Android, berupa multimedia yang bersifat edukatif dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Sehingga dapat membantu siswa dalam mempelajari dan memahami materi pada mata pelajaran kimia salah satunya materi tentang larutan. Multimedia memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang seperti : pendidikan, hiburan, dll. Khususnya dalam bidang pendidikan, proses pembelajaran siswa saat ini lebih ditekankan pada pendidikan visual yang akan lebih mudah dipahami dan terlihat menarik dengan tambahan gambar dan suara dalam bentuk multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa tertarik dan mudah memahami dalam mempelajari materi larutan pada mata pelajaran kimia. Penerapan media pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit diuji menggunakan metode pengujian black box dan angket yang dibagikan kepada beberapa siswa SMA, hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan elektrolit dan nonelektrolit berbasis android media pembelajaran solusi dapat memberikan motivasi belajar siswa dan juga dapat digunakan sebagai bantuan guru dalam memberikan penjelasan materi dan praktikum tentang solusi pembelajaran, dalam berbagai bentuk.

References

Adami, F. Z., & Budihatanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 122-131.

Bentelu, A. S., Sentinuwo, S., & Lantang. O. (2016). Animasi 3 Dimensi Pencegahan Cyber Crime (Studi Kasus: Kota Manado). Journal Teknik Informatika, 8(1).

Clara. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs3 untuk Pembelajaran Sistem Pencernaan di SMP. Skripsi, Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung.

Dwinata, R. A., Efendi, R., & Yudha S, S. P. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Tabel Periodik Unsur dan Perumusan Senyawa Kimia dari Unsur Kimia Dasar Berbasis Android. Jurnal Rekursif, 4(2).

Fatmawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang. Tesis, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Khuzaini, N., Sulistyo, T.Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).

Maisyaroh, Mulyani, A., & Juanda, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Tabel Periodik Unsur Kimia Berbasis Android. Jurnal Bianglala Informatika, 5(2).

Sabrinatami, Z, & Rinawati, Wika (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Pembuatan Kue Dari Tepung Beras Pada Mata Pelajaran Kue Indonesia Di SMK N 4 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 7(3).

Saurina, N. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D. Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, 2(2).

Solihah, Mar’attus., Yektyastusi, Resti., Prasetyo, Yogo D. (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Sebagai Suplemen Materi Asam Basa Berdasarkan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).

Syarifudin, M. K. (2017). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Menggunakan Adobe Flash Cs6 Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Newton Untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Tesis, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Tim Masmedia Buana Pustaka. (2017). Kimia Untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika Dan Ilmu Alam. Jakarta: PT Masmedia Buana Pustaka (SL).

Published

2021-07-23