Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Maritim Barito Perkasa Banjarmasin

Authors

  • Muhammad Darwis Meyandie Nasution STIMI Banjarmasin, Indonesia
  • Ambrosius Alex Mada Universitas Merdeka Malang, Indonesia
  • Asnawi Asnawi STIMI Banjarmasin, Indonesia
  • Muhammad Rudiansyah STIMI Banjarmasin, Indonesia
  • Abdul Wahab STIMI Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.95

Keywords:

Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Motivasi Kerja, Produktivitas Kerja

Abstract

Setiap perusahaan ingin meningkatkan produktivitas kerja. Produktivitas kerja dipengaruhi oleh keselamatan dan kesehatan kerja serta motivasi kerja. Untuk menganalisis pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja serta motivasi kerja terhadap produktivitas, diadakan penelitian di Assist Tug Terminal Taboneo PT Maritim Barito Perkasa Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi adalah karyawan Assist Tug Terminal Taboneo PT Maritim Barito Perkasa Banjarmasin. Populasi terdiri dari 50 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus. Sampel penelitian ini adalah 50 karyawan. Teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner. Data dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan keselamatan dan kesehatan kerja serta motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Variabel keselamatan dan kesehatan kerja lebih dominan dibandingkan variabel motivasi yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Namun variabel-variabel tersebut yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Sehingga Kepala Assist Tug Terminal Taboneo PT Maritim Barito Perkasa Banjarmasin dapat meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja serta motivasi kerja karena variabel-variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja.

References

Ariyanto, A., & Agustina, T. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Personil Reskrim Polresta Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(3), 443-452.

Asep Suryana Natawiria & Riduwan. (2010). Statistika Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurhikmah, N. (2018). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Anggota DPRD Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61.

Putri, M. H. S., Agustina, T., Hariyono, T. A., & Jahri, M. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja, dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Kalsel Cabang Utama Banjarmasin. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial, 1(2), 132-143.

Sanusi, Anwar. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta; Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2009. Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.

Sunyoto, Danang. (2012). Teori. Kuisioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Triton. (2009). Mengelola Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Oryza.

Triyono, Ayon. (2012). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Oryza.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Yuniarsih, Tj. dan Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandunhg: Alfabeta.

Published

2021-07-23