Analisis Tindak Tutur Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar

Authors

  • Rosary Iriany Universitas Pancasakti Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i1.36

Keywords:

Tindak Tutur, Tindak Tutur, Novel, Novel, Psikologi Sastra, Psikologi Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tindak tutur kata lokusi, ilokusi, perlokusi dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan menggunakan pendekatan Stilistika. Penelitian ini tergolong dalam penenlitian kualitatif karena sesuai dengan objek dan tujuan yang ingin dicapai. Objek yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah tindak tutur kata dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik baca, teknik simak, dan catat. Berdasarkan hasil penelitian dapat menyimpulkan bahwa tindak tutur lokusi paling mendominasi yaitu tindak tutur yang menyatakan sesuatu dalam kata. Kemudian, tindak tutur perlokusi yang gaya kepekaan batinnya (intunisi) menonjol. Selanjutnya, tindak tutur ilokusi yang merupakan tindak tutur yang biasanya diidentifikasikan kalimat performatif yang eksplisit. Tindak tutur ilokusi ini biasanya berkenaan dengan pemberian izin, mengucapkan terima kasih, menyuruh, dan menawarkan. Hal tersebut sangat relevan dengan kajian stilistika dan novel Surat Kecil untuk Tuhan karena dalam novel tersebut menceritakan tentang kisah seorang gadis yang terserang penyakit kanker. Gadis tersebut memiliki sifat yang tegas, kuat, tegar, dan penyabar. Juga menceritakan tentang pengorbanan seorang kakak untuk adiknya. Tentu saja dengan menggunakan kajian stilistika kita dapat mengetahui kepribadian dan hal-hal apa saja yang dialami dan dirasakan oleh tokoh Keke dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan. Karya sastra merupakan bagian dari kehidupan manusia. Salah satu karya sastra yang berisi kisah hidup seorang penyair itu sendiri adalah novel yang berjudul Surat Kecil untuk Tuhan. Novel ini merupakan novel inspiratif karena memberikan gambaran kepada pembaca dalam memperjuangkan sebuah impian, kasih sayang keluarga, pengorbanan, kuat, tegar, dan pekerja keras.

References

Damono, Sapardi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Faruk. 1999. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Fitriah dan Siti. 2017. Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya R. H. Fitriadi, 5 (1), 108-122.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung.

Oktavia, Wahyu. (2019). Tindak Tutur dalam Album Lirik Lagu Iwan Fals: Relevansinya Terhadap Pembentukan Karakter, 2 (2), 1-10.

Putri.,Dian.,& Suryadi. 2019. Tindak Tutur Direktif pada Novel Bidadari-bidadari Surga Karya Tere Liye, 3 (1), 108-122.

Rosyanti, Sinta. 2017. Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar, 1 (2), 182-190.

Sudjiman, Panuti. 1998. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: UI Press.

Umaroh, Liya dan Neni, Kurniawati. 2017. Dominasi Lokusi dan Perlokusi dalam Transaksi Jual Beli, 7 (1), 21-34.

Published

2020-11-19