Pengembangan LKPD Berbantuan Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP

Authors

  • Nabila Syaputri Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Nur Asma Riani Siregar Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Mirta Fera Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i3.529

Keywords:

Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Augmented Reality

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantuan Augmented Reality pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Development, and Disseminate, namun materi yang digunakan dalam penelitian ini dipelajari di semester ganjil dan tidak memungkinkan untuk melakukan uji efektifitas karena tidak sejalan pada saat uji coba dilakukan sehingga tahapan penelitian disederhanakan menjadi 3-D yaitu Define, Design, and Development. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan lembar validasi ahli bahasa. Data dari penilaian lembar validasi oleh para ahli dianalisis menggunakan teknik skala likert dengan bantuan Microsoft Excel 2020. Dari hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 79,95% dengan kriteria valid. Validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 79,95% dengan kriteria valid. Validasi ahli bahasa diperoleh rata-rata persentase sebesar 80,75% dengan kriteria sangat valid. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid.

References

Afandi, Muhammad. (2021). Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Dengan Konteks Permainan Tradisional Kepulauan Riau. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Faktultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.

Daryanto, & Cahyono, A. D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Huda Bagus, Krishna. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Jawa Tengah.

Ikhsan, Indrawan Al. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kemampuan Penalaran Matematis. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Izzati, N. (2017). Penerapan PMR pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30–49

Maimunah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Dengan Konteks Kemaritiman Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Faktultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.

Permatasari, Arvynda. (2014). Jenis - Jenis Instrumen Dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Managemen Pendidikan, 24(3), 1–13.

Setiowati, Titik. (2019). Pengaruh penggunaan aplikasi Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTS Nu. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Jawa Tengah.

Syarmadi. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.

Thiagarajan, S., Sammel, D.S., & Sammel, M.I. (1974). Instructional development for training teachers of exeptional children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Published

2024-07-31