Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sampah pada Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman di Kota Bima

Authors

  • Nike Ardiansyah Universitas Mbojo Bima
  • Muhammad Taufiq Universitas Mbojo Bima
  • Hendra Hendra Universitas Mbojo Bima
  • Adilansyah Adilansyah Universitas Mbojo Bima
  • Firliah Rizkiani Universitas Mbojo Bima

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i3.530

Keywords:

Evaluasi Kebijakan, Pengelolaan Sampah, Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran yang valid dan reliabel menggunakan aplikasi ispring suite pada materi SPLTV Kelas X SMA untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 6 Tanjungpinang semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi angket validasi ahli, lembar angket validasi ahli, dan lembar hasil uji coba produk. Data dari penilaian lembar validasi angket validasi ahli dan lembar agket validasi ahli dianalisis menggunakan skala likert dengan bantuan Microsoft Excel 2020. Sedangkan data dari penilaian hasil uji coba produk dianalisis menggunakan software Anates Uraian versi 4.0.5. Penelitian ini menghasilkan instrumen evaluasi dengan kriteria valid dan reliabel. Valid dari segi materi, konstruk, dan bahasa berdasarkan penilaian validator dan hasil uji validitas soal. Reliabel berdasarkan hasil uji reliabilitas soal dengan pencapaian kriteria sangat tinggi. Hasil validasi ahli dari segi aspek materi, rata- rata persentase skor pada setiap aspek menghasilkan 88,9% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli dari segi aspek konstruk, rata- rata persentase skor pada setiap aspek menghasilkan 91,8% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli dari segi aspek bahasa, rata- rata persentase skor pada setiap aspek menghasilkan 82,8% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji validitas soal menyatakan bahwa soal yang terdiri dari 15 soal, terdapat 13 soal yang memiliki kriteria valid, 1 soal memiliki kriteria kurang valid, dan 1 soal memiliki kriteria tidak valid. Hasil uji reliabilitas soal menyatakan indeks reliabilitas 0,95 dengan kriteria sangat tinggi.

References

Ardiansyah, N., Adilansyah, A., Hendra, H., Junaidin, J., & Rizkiani, F. R. F. (2024). Tahapan Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Risa Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(6), 803-810.

Bryant C., and White L.G., 1982, Manajemen Pembangunan Untuk Negara Berkembang, LP3ES, Jakarta.

Djani, W., Wadu, J., & Lake, P. (2019). Kebijakan Pengelolaan Sampah Berbasis Partisipasi Masyarakat Di Dinas Kebersihan Dan Lingkungan Hidup Kota Kupang. Journal of Business Studies, 4(2), 50-67.

Dunn, William, N. 1981, Public Policy, Analysis: An Intrduction.Englewood Cliff, N.J: Prentice-Hall, Inc

Peraturan Pemerintah No.81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Saputro, Y. E., Kismartini, K., & Syafrudin, S. (2016). Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4(1).

Side, Syarifuddin, 2001, Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Pinrang (Tesis), Pascasarjana UNHAS, Makassar.

Suyoto, Bagong. 2008. Rumah Tangga Peduli Lingkungan. Prima Media, Jakarta.

Tchobanoglous, G., Teisen H., Eliasen, R, 1993, Integrated Solid Waste Management, Mc.Graw Hill, Kogakusha, Ltd

UU Nomor 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup namun masih menjadi policy problem karena efektivitas implementasinya belum dapat mencapai tujuan yang diharapkan karena adanya masalah substansial, struktural, maupun kultural.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup yang baru sebagai instrumen pelaksanaan kebijakan ke depan yang mempunyai peran penting.

Published

2024-07-31