Peningkatan Kemampuan Manajemen Dalam Pengelolaan Elektronik Komplain Layanan Laboratorium Universitas Nurul Jadid

Authors

  • M. Fadhilur Rahman Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • M Syafiih Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Zidan Abdallah Maulana Rahman Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Imam Mawardi Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Ahmad Romadhani
  • Taufiqur Rahman Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.80

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan, E-Komplain, Layanan, Laboratorium

Abstract

Laboratorium Komputer Universitas Nurul Jadidi menjadi tanggung jawab penuh Fakultas Teknik, pemanfaatan layanan laboratorium bagi mahasiswa teknik dan diluar Fakultas Teknik yang membutuhkan praktikum komputer. Penggunaan laboratorium diatur sesuai jadwal roster kuliah yang telah ditetapkan diawal perkuliahan pada setiap semesternya, sedangkan penggunaan ekstra akan disesuaikan diluar jadwal kuliah. Permasalahan yang terjadi adalah manajemen akan sulit menentukan jadwal tepat pagi pengguna laboratorium. Solusinya perlu adanya aplikasi yang mengatur penggunaaan serta kuluhan dari mahasiswa dan dosen, aplikasi tersebut akan mengakomodir semua kebutuhan dan keluhan yang ada di laboratorium komputer Fakultas Teknik. Agar manajemen paham menggunakan aplikasi perlu adanya pelatihan tujuannya agar mudah memahami penggunaan aplikasi e-komplain. Metode yang digunakan adalah Longitudinal Method merupakan metode untuk menentukan dan mengukur data secara berulang untuk satu atau beberapa variable. Hasilnya adalah aplikasi e-komplain yang sudah siap digunakan oleh Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid.

References

Andayani, S. A., & Syafiih, M. (2019). Penurunan Anka Kematian Ibu dan Anak Melalui Pemetaan Ibu Hami Kategori Kegawatan Berbasis GIS di Kabupaten Probolinggo. Jurnal Cyber-Techn, 1-8.

Andriani, D. E. (2012). Peningkatan Mutu Guru Berbasis Kebutuhan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 395-402.

Hermanto, Mustopa, A., & Kuntoro, A. Y. (2020). Algoritma Klasifikasi Naive Bayes dan Support Vector. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 211-220.

Hidayat, L., Mulyana, & Effendy. (2018). Membangun Kepuasan Mahasiswa Pengguna Laboratorium Komputer. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, 93-101.

Putri, R. O., Wibawa, B. M., & Laksamana, T. (2017). Identifikasi Permasalahan Komplain pada E-Commerce Menggunakan Metode Fishbone. Jurnal Sains dan Seni ITS, 37-41.

Siagian, D. (2018). Proses Komunikasi Organisasi Pimpinan Dalam Penyelesaian Komplain Pelanggan (Studi Kasus Pada Perusahaan CV. Glory Victory di Kota Medan. Doctoral Dissertation), 9-16.

Syafiih, M. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi pada Filum Arthophoda Dalam Kelas Insecta Augmented Reality Studi Kasus Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Cyber-Techn, 1-9.

Tone. (2018). Sistem Pengelolaan Manajemen Laboratorium Komputer Jurusan Sistem Informasi UIN Alauddin Makasar. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi, 61-70.

W.F., S., T., W., & N, A. (2017). Perancangan dan Evaluasi Usability Aplikasi Pengelolaan Laboratorium Komputer. Journal Of Information Systems Engineering and Buiness Intelligence, 101-106.

Published

2021-05-04