Pelatihan Penggunaan Mesin Pembuatan Pellet Pakan Ikan Dalam Upaya Peningkatan Produktifitas Kelompok Pembudidayaan Ikan

Authors

  • Arif Setyo Nugroho Sekolah Tinggi Teknologi Warga Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.83

Keywords:

Pakan Lele, Prebiotik, Pellet, Bergizi, Ikan Lele

Abstract

Penduduk kreatif Kelurahan Ngadirejo Kabupaten Sukoharjo melakukan budidaya dan pengembangan ikan lele, hasilnya sudah bisa dirasakan manfaatnya, tetapi mengalami kendala dalam pengembangan usaha pembudidayaan dan pengembangan ikan lele. Kendala atau permasalahn yang dihadapi adalah ketika harga pakan naik tetapi harga ikan hasil panen turun, sehingga FCR nya sangat kecil sehingga peternak rugi. Solusi yang ditawarkan sesuai hasil diskusi dengan PokDaKan adalah berusaha membuat pakan plus sehingga tidak tergantung dari pakan pabrik.  Pakan lele berbentuk pelet dengan tambahan prebiotik untuk tambahan suplemen pakan lele dengan sentuhan teknologi dengan sistem mesin pengolah prebiotik sistem mix hot rotary dan mesin pembuat pellet apung. Teknologi tersebut sangat tepat untuk PokDaKan karena mampu menanggulangi permasalahan yang dihadapi. Mesin pellet bisa menghasilkan 80 kg /jam pelet. Dengan membuat sendiri pellet pakan ikan sesuai dengan yang dipraktekan, dengan modal uang Rp 500 ribu untuk belanja bahan pembuatan pellet bisa dibuat pelet kurang lebih 140 kg pellet. Lebih hemat dan pakan buatan sendiri lebih bergizi.

References

Aisin Umasugi, E. L. G., Tumbol, Reiny A., Kreckhoff, Reni L., Manoppo, Henky., Pangemanan, Novie Novie P.L. (2018). Penggunaan Bakteri Probiotik Untuk Pencegahan Infeksi Bakteri Streptococcus Agalactiae Pada Ikan Nila. Oreochromis Niloticus,” Budidaya Perairan, 6(2), 39–44.

Fauziyah, Nur., Nirmala, Kukuh., Supriyono, Edy., Hadiroseyani, Yani. (2019). Evaluasi Sistem Budidaya Lele: Aspek Produksi Dan Strategi Pengembangannya. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 9(2), 129–142.

Nugroho, Arif Setyo., Rahayu, Aris Teguh., Kristiawan, Y Yulianto. (2019). Peningkatan Hasil Ternak Lele dengan Pengolahan Pakan Plus Secara Mandiri. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 19(3), 135–143.

Putri, Dwi Utami., Aliyas. (2019). Pengaruh Pemberian Pakan dengan Dosis Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele (Clarias SP) Dalam Media Bioflok. TOLIS Ilmiah: Jurnal Penelitian, 1(2), 92–100.

Wardika, Aziz Sinung. (2017). Efektivitas Penambahan Bakteri Probiotik dengan Dosis Berbeda dalam pakan terhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan, Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Jurnal Sains Teknologi Akuakultur, 1(1), 21–30.

Widagdo, Barru Anggoro., Elfitasari, Tita., Basuki, Fajar. (2006). “Strategi Pengembangan Budidaya Pembesaran Ikan Lele (Clarias Sp) Di Kecamatan Gunung Pati Kota. Prosiding Seminar Nasional Tahun ke V, Hasil-hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan.

Yuriana, lely., Santoso, Handoko., Sutanto., Agus. (2017). Pengaruh Probiotik Strain Lactobacillus Terhadap Laju Pertumbuhan Dan Efisiensi Pakan Lele Masamo ( Clarias sp ) Tahap Pendederan I Dengan Sistem Bioflog. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPM Um Metro, 2(1), 13–23.

Published

2021-05-04