EDUKASI MENGENAI PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT) TERHADAP SAMPAH DAN OLAHANNYA PADA SISWA

Authors

  • Muharti Syamsul universitas Pancasakti Makassar
  • Nur Hamdani Nur universitas Pancasakti Makassar
  • Sumardi Sudarman universitas Pancasakti Makassar
  • Akbar Taufik universitas Pancasakti Makassar
  • Dedy Herianto universitas Pancasakti Makassar

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v3i2.476

Keywords:

Penyuluhan, PHBS, Sampah

Abstract

Sampah adalah masalah yang signifikan yang mempengaruhi semua aspek masyarakat dan membutuhkan perhatian karena memiliki dampak langsung pada kehidupan sehari-hari. Tidak ada manusia yang lepas dari masalah sampah karena manusia adalah orang yang menciptakan sampah itu sendiri. Sampah plastik, baik yang bentuknya masih utuh atau sudah hancur menjadi partikel kecil, bisa mengakibatkan pencemaran air. hal ini dapat terjadi karena plastik membawa zat kimia, seperti bifenil poliklorinasi dan pestisida, yang dapat mengontaminasi air. Pada lokasi pendataan di SD inpres 1 lae-lae, kelurahan lae-lae, kecamatan ujung pandang, kota makassar dilakukan program intervensi non fisik dan fisik. Penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tentang sampah, pembuatan kerajinan daur ulang dari sampah dan pemasangan papan bicara. Hasil pengujian data yang didapat pada kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa dari 34 responden terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 35,3% terkait sampah.

References

Faristiana, A. R., Wori, D. A., Wardani, L. D. N., & Fikriyah, T. (2023). Edukasi Klasifikasi Jenis-Jenis Sampah dan Penyediaan Tempat Sampah dari Bahan Daur Ulang di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 110-124.

FKM UNPACTI. (2020). Laporan pengalaman belajar II “RW 1 Kelurahan Bongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar”, Makassar : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pancasakti.

FKM UNPACTI. (2023). Laporan pengalaman belajar I “lingkungan RW 1, RT 3 Kelurahan Lae-lae, Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar”, Makassar : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pancasakti.

Mundiatun, Daryanto. (2015) Pengelolaan Kesehatan Lingkungan. Gava Media, Yogyakarta.

Budiyono, Sumardiono Siswa. (2013). Teknik Pengolahan Air. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Fikri Elanda, Kartika. (2019). Pengelolaan Limbah Medis Padat Fasyankes Ramah Lingkungan. Pustaka Setia, Bandung.

Darmono. (2010). Lingkungan Hidup dan Pencemaran. Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta.

Published

2023-11-29