OPTIMALISASI CONTENT MARKETING BUMDES “TIRTA ARUM” DALAM UPAYA PENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN

DOI:

https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v4i1.499

Keywords:

BUMDes, Content Marketing, Pariwisata

Abstract

Pemasaran masih menjadi salah satu persoalan yang dihadapi pelaku usaha desa, termasuk BUM Desa atau BUMDes. BUMDes Pemerintah Desa Sumurjomblangbogo memiliki Badan Usaha Milik Desa (BumDesa) yang mengelola Kolam Renang “Tirta Arum dengan tujuan meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan pengelolaan potensi desa serta meningkatkan pembangunan desa dan memberdayakan masyarakat. Namun seiring dengan berjalnya waktu, kolam renang tersebut mengalami permasalahan yaitu kurangnya minat wisatawan untuk berkunjung ke kolam renang tersebut. Tujuan dalam pendampingan ini adalah  manajemen  BUMDes  mampu membuat  content marketing   berbasis  digital.  Strategi  yang  dikembangkan  yaitu  dengan online marketing dengan fokus pada pemasaran yang memanfaatkan media sosial. Sebelum dilakukan  online  marketing,  peserta  di  bekali  dengan  pembuatan  konten-konten  yang menarik  dan kreatif agar dapat meningkatkan calon  pengunjung. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan ini antara lain dengan Participatory Rural Appraisal (PRA). PRA merupakan salah satu cara untuk dapat memahami desa secara partisipatif, informasi yang didapat merupakan informasi yang langsung dari masyarakat desa itu sendiri. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan melakukan pendampingan, pendidikan dan pelatihan sebagai upaya meningkatkan kemampuan mitra, dalam hal ini perangkat desa, pengurus lembaga desa, dan masyarakat pada umumnya dalam mengetahui dan memahami pembuatan konten kreatif pada media sosial. Hasil dari pelaksanaan PKM ini adalah anggota BUMDes dapat membuat content marketing yang lebih menarik  dan kreatif serta dapat menjangkau audiens lebih luas.

References

Blumenthal, N Chakti GA (2019) The book of digital marketing. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Julianto. I. N. L. (2019) , “Nilai Interaksi Visual Dalam Perkembangan Medium Komunikasi Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Nas. Desain dan Arsit., vol. 2, hal. 26–30, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://eprosiding.stdbali.ac.id/index.php/senada/article/view/249.

Nani, P. A., Amaral, M. A. L., Boelan, E. G., Baunsele, A., & ... (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Badan Usaha Milik Desa. Bakti, 06, 77– 84.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Pada BUMDes Blulukan Gemilang. Jurnal Pengabdian Masayarakat, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Lieb R. (2011). Content Marketing: Think Like a Publisher-How to Use Content to Market Online and in Social Media. Indianapolis: Que Publishing.

Rukmana, N. S., Umar, N. F., Aina, A. N., & Darmayanti, D. P. (2023). Tantangan dan Peluang dalam Digitalisasi Badan Usaha Milik Desa. Ruang Komunitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(April), 42–48.

Steven. (2021), “A Six Step Content Marketing Model,” InSites Consulting.

Wirsa, N., & Prena, G. Das. (2020). Keberadaan Bumdes Sebagai Pilar Pertumbuhan Ekonomi Desa Di Desa Telagatawang, Kecamatan Sidemen Karangasem. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7– 12.

Published

2024-05-30