MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MANDIRI BERBASIS INTERAKTIVE ANIMATION MENUMBUH KEMBANGKAN KARAKTER SISWA MENUJU GENERASI EMAS
Keywords:
Model Pembelajaran, Menumbuh kembangkan Karakter, Generasi Emas, Animasi InteraktifAbstract
Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2045, yang memerlukan persiapan pendidikan karakter dan akademik bagi generasi yang lahir antara 1990 hingga 2015. Tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi menuntut anak-anak sekarang untuk memiliki keterampilan dan etika yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi interaktif yang dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika dan karakter siswa di UPTD SD Negeri 47 Barru, Kabupaten Barru. Metode yang digunakan meliputi survei dan wawancara untuk mengidentifikasi masalah, diikuti dengan sosialisasi dan perencanaan kegiatan PKM. Pelaksanaan mencakup pelatihan guru dalam pembuatan media animasi interaktif serta pendampingan dalam penggunaannya di kelas. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran animasi interaktif, serta meningkatkan minat belajar matematika siswa. Siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi terhadap pembelajaran matematika saat menggunakan media tersebut. PKM ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran inovatif dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan karakter siswa, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan, dan mendukung pencapaian generasi emas 2045. Kegiatan semacam ini penting untuk diimplementasikan lebih luas dalam pendidikan dasar.