Perencanaan Sistem Pengaduan Masyarakat Untuk Tindak Kriminal di Polres Kampar Berbasis Web

Authors

  • Liza Trisnawati Universitas Abdurrab, Indonesia
  • Rizqi Pernando Putra Universitas Abdurrab, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.133

Keywords:

Sistem Pengaduan, Polisi, Kejahatan, PHP, Mysql

Abstract

Polda Kampar merupakan unit pelaksana utama wilayah di bawah Polda Riau. Proses pengaduan pidana di Polres Kampar sebenarnya sudah menggunakan pidana, namun hanya sebatas menggunakan Microsoft Word dan datang langsung ke Polres untuk melakukan pengaduan, hal ini menyebabkan penyimpangan pengelolaan data sehingga petugas dari Pusat Pelayanan Terpadu Kepolisian (SPKT) Regional Kampar Polisi kesulitan dalam hal penyimpanan dan pencarian data wartawan serta melayani masyarakat untuk mengadu. Oleh karena itu perlu adanya penindakan pengaduan masyarakat terhadap tindak pidana melalui aplikasi berbasis WEB, sehingga memudahkan masyarakat dan kepolisian itu sendiri dalam penyampaian atau penerimaan informasi, sehingga mudah diakses kapan saja dan dimana saja, tanpa harus datang ke Pos Pelayanan Polres terdekat, memudahkan masyarakat untuk mengadukan masalah tersebut kepada pihak perlindungan. Bahasa yang digunakan dalam pemrograman ini adalah PHP sedangkan databasenya menggunakan MySQL. Aplikasi ini nantinya akan bekerja dengan memberikan pengalaman form pengaduan dilakukan oleh pelapor yang pernah mengalami tindak pidana.

References

Afyenni, R. (2014). Perancangan Data Flow Diagram untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada Sma Pembangunan Laboratorium UNP). Jurnal Teknoif, 2(1), 35-39.

Andi. (2009). Membnagun Sistem Jaringan Komputer. MADCOMS.

Raharjo, Budi, dkk. (2014). Modul Pemograman Web HTML, PHP, dan Mysql. Bandung: Modula.

Hartono, B. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Moh. Dulkiah, N. (2018). Pengaruh Kemiskinan Terhadap Tingkat Tindak Kriminalitas Di Kota Bandung. Jispo, 8(2), 57.

Mulia Rahmayu. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Nilai Ujian Siswa SMP Negeri 3 Bumiayu Berbasis Web. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2).

Munandar, A., & Komputer, F. I. (2015). Implementasi Sistem Publikasi Jurnal Per Terbitan Berbasis Web Pada Universitas U’budiyah Indonesia Berbasis Web Pada Universitas U’budiyah Indonesia. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas U’budiyah Indonesia.

Nofyat, Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada PDAM Kota Ternate. Indonesian Journal on Information System, 3(1).

Raharjo, Budi, dkk. (2014). Modul Pemograman Web HTML, PHP, dan Mysql. Bandung: Modula.

Sutopo, P., Cahyadi, D., & Arifin, Z. (2018). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web. Informatika Mulawarman?: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(1), 23.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Published

2021-07-23