Analisis Nilai-Nilai Bimbingan dan Konseling dalam Budaya Pra Nikah Suku Kaili Provinsi Sulawesi Tengah

Authors

  • Rosmiati Rosmiati Kementerian Agama Kabupaten Gowa

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.138

Keywords:

Nilai Budaya, Bimbingan dan Konseling, Pra Nikah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai bimbingan dan konseling dalam budaya pra nikah masyarakat Suku Kaili. Sebagaimana suku-suku lainnya, Suku Kaili juga mempunyai adat istiadat sebagai bagian kekayaan budaya didalam kehidupan sosial, memiliki hukum adat sebagai aturan dan norma yang harus dipatuhi, serta mempunyai aturan sanksi dalam hukum adat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendektan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan penafsiran mendalam tentang nilai-nilai budaya pernikahan Suku Kaili serta implikasi nilai-nilai budaya pernikahan suku kaili dalam layanan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya pernikahan Suku Kaili dapat dijabarkan dalam tujuh prosesi sebelum pernikahan yaitu Notate Dala (mencari Informasi), Neduta atau Nebolai (Meminang), Noova (Penentuan waktu), Nanggeno Balanja (hantar belanja), Napasoa (pengasapan), Nogigi (membersihkan bulu-bulu), Nokolontigi dengan mengandung nilai yaitu pengenalan dan pencarian informasi, memahami diri dalam peminangan, tanggung jawab, mandiri dan amanah, kedewasaan dan aktualisasi diri.

References

Manan , Abdul. (2002). Pokok- Pokok Hukum Perdata, Wewenang Pengadilan Agama. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hermin. (2001). Upacara Adat Perkawinan Suku Kaili. Palu: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sulawesi Tengah.

Yusuf, S & Juntika, N. (2008). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryati. (2013). Pengaruh Bimbingan Karir Dan Persepsi Siswa Tentang Pendidikan Tekhnologi Kejuruan Pada SMPN 1 Jalan Cagak Kabupaten Subang. (Tesis) Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryahadikusuma, A.R. (2012). Layanan Informasi dan Konsultasi Bimbingan dan Konseling Melalui Siaran Radio. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (online). (htpp://www:repositury.upi.edu/Ahmad Rofi Suryadikusuma.pdf.

Rahardjo, Satjipto. (1986). Hukum dan Masyarakat. Angkasa, Bandung.

Published

2021-07-23