Hubungan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru di SD Inpres Pampang II Makassar

Authors

  • Iin Ismayanti Universitas Indonesia Timur Makassar, Indonesia
  • A.M.Azhar Aljurida Universitas Indonesia Timur Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v3i2.395

Keywords:

Hubungan Manajemen, Profesionalisme Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah profesionalisme guru. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan manajemen berbasis sekolah dalam hal ini keberlanjutan, menyeluruh dan kemandirian terhadap peningkatan profesionalisme guru pada Sekolah Dasar Inpres Pampang II Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan parametrik dan non parametrik. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang diberikan kepada seluruh pegawai dan orang tua siswa sekaligus komite sekolah yang berhubungan terhadap hasil penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara parsial keberlanjutan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) memiliki hubungan yang kuat secara signifikan terhadap profesionalisme guru, secara pasial aspek menyeluruh Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) juga memiliki hubungan yang kuat terhadap peningkatan profesionalisme guru, sedangkan secara parsial kemandirian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) memiliki hubungan yang sedang secara signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru di Sekolah Dasar Inpres Pampang II Makassar

References

Handoko, T. Hani. (1995). Manajemen SDM dan Manajemen Personalia. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.

Wahyudi, Imam. (2012). Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif Dan Kreatif Dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif. Penerbit: PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Rahim, Rahmawati. (2014). Hubungan Manajemen Berbasis Sekolah Dengan Peningkatan Profesionalisme Guru. Gowa. SMA Negeri 1 Bontomarannu. Jurnal Administrasi Publik. 7(2), 22.

Nurkolis, (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Penerbit: Grasindo. Jakarta.

Khotimah, Titi. (2011). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Publik. 5(3), 23.

Pidarta, Made. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Penerbit: Rineka Cipta. Jakarta.

Poewadarminta, W.J.S. (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Penerbit: Balai Pustaka. Cet. XVII.Jakarta.

Sarwoto. (2001). Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen.Penerbit: Ghalia Indonesia. Jakarta.

Published

2023-03-31