Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintahan melalui Penerapan E-Government Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Manggrai Timur

Authors

  • Almuhajir Haris Universitas Pancasakti Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v3i3.412

Keywords:

E-Government, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

Kualitas pelayanan publik merupakan, suatu ukuran kemampuan organisasi untuk mencapai segala keperluaannya. Langkah dalam peningkatan kualiatas pelayanan publik dengan cara melalui penerapan e-government. Upaya penerapan e-government  untuk memberikan pelayanan yaang baik kepada masyarakat serta memudahkan urusan penyelenggran pemerintahan dan upaya mewujudkan sistem informasi yang baik, teratur dan sinergi antara lembaga pemerintahan. Penelitian ini bertujun untuk melihat  bagaimana kualitas pelayanan aparatur pemerintahan melalui penerapan e-government pada Dinas Kependududkan dan Catatan Sipil di Kabupaten Manggrai Timur. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif  dengan  pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan  bahwa penerapan e-government sudah memberikan kemudah bagi masyarakat, seperti masyarakat  dengan mudahnya mengakses informasi  dan pelayanan yang dibutuhkan. Pada penelitian ini kendala yang dihadapi dalam penerpan e-government adalah seringkali terjadinya human erorr.

References

Aprianty, D. R. (2016). Penerapan kebijakan e-government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1589-1602.

Atthahara, H. (2018). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government: studi kasus aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 66-66.

Dwianto, A. (2006). Mewujudkan Good Governace Melayanai Publik., Yogyakarta: UGM press.

Forman, M. (2005). Using IT to Transform the Effectiveness and Efficiency of Government. Journal E-Government and Information Technology.

Handayani, S. (2020.). kalitas Pelayanan Aparatur Pemerintahan Mealaui Penerapan Elektronik Government Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bone. (Issue July).

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Indrajit, R. E. (2002). Elektronik Government, Strategi Pembangunan dan pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital, Andi Offese. Yogyakarta.

Nurdin, N. H. (2019). Optimalisai Pelayanan Publik Dalam Perspektif New Publik Service Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Makasar. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 1(1), 01-1.

Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan pelayanan publik (studi tentang elemen sukses pengembangan e-government di pemerintah kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32-42.

Rahmawaty. (2016.). Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Palu. Jurnal Katalogis, 4(3), 137-146

Rianto, B. &. (2012.). Polri & Aplikasih E-Government, CV. Putra Media Nusantara, Surabaya.

Irawan, B. (2017). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 174-201.

Setyabudi. (2014,). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021).

Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212-224.

Wasistino, T. (2010). Manajemen Sumber Daya Aparatur Pemerintahan Daerah. Bandung: Fokus Media.

Published

2023-07-11