Pengenalan Jenis Kupu-Kupu Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android

Authors

  • Abdi Enal Wahyudi Universitas Indonesia Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v3i3.419

Keywords:

Augmented Reality, Android, Kupu-Kupu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengimplementasi aplikasi pengenalan jenis kupu-kupu menggunakan Augmanted Reality berbasis android dalam membantu pengguna mengenali jenis kupu-kupu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah UML yang didesain secara terstruktur yang terdiri dari perancangan model use case diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Software yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah unity, vuforia SDK, blender, dan android. Dalam penelitian ini pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara mengenai informasi tentang jenis kupu-kupu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi berbasis android menampilkan animasi 3D dan keterangan mengenai kupu-kupu, aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu pengguna dalam mengetahui identitas kupu kupu, dan aplikasi ini menggunakan Augmanted Reality dengan menggunakan teknik markerless.

References

AliIdrus, A.Y. (2016). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 140-155.

Manuri, F., & Sanna, A. (2016). A Survey on Applications of Augmented Reality. Advaces in Computer Science: An International Journal, 18-27.

Sholiq. (2016). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Obyek dengan UML. Yogyakarata. Graha Ilmu.

Whiten, Andrew, et al. (1999). Culture in Chimpanzees. 1999 Macmillan Magazines Ltd. Vol. 3999.

Wikipedia. (2017). Kupu-kupu [online]. https://id.wikipedia.org/wiki/Kupu-kupu. Diakses pada tanggal 5 April 2017.

Vitono, Heru. (2016). Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus: Museum Kalimantan Barat). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN). Vol. 2, No.1.

Yudiantika, A. R., Sulistyo, S., & Hartono, B. S. (2014). Evaluasi Metode Pelacakan Tanpa Marker Pada Metaio SDK Untuk Pengembangan Aplikasi Kuis Berbasis Augmented Reality di Museum. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, (pp.1.10.7-1.10.12). Yogyakarta.

Published

2023-07-18