Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Ispring Suite Pada Materi SPLTV Kelas X SMA

Authors

  • Nur Qomariah Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Puji Astuti Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
  • Susanti Susanti Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i3.523

Keywords:

Pengembangan, Instrumen Evaluasi, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran yang valid dan reliabel menggunakan aplikasi ispring suite pada materi SPLTV Kelas X SMA untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 6 Tanjungpinang semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi angket validasi ahli, lembar angket validasi ahli, dan lembar hasil uji coba produk. Data dari penilaian lembar validasi angket validasi ahli dan lembar agket validasi ahli dianalisis menggunakan skala likert dengan bantuan Microsoft Excel 2020. Sedangkan data dari penilaian hasil uji coba produk dianalisis menggunakan software Anates Uraian versi 4.0.5. Penelitian ini menghasilkan instrumen evaluasi dengan kriteria valid dan reliabel. Valid dari segi materi, konstruk, dan bahasa berdasarkan penilaian validator dan hasil uji validitas soal. Reliabel berdasarkan hasil uji reliabilitas soal dengan pencapaian kriteria sangat tinggi. Hasil validasi ahli dari segi aspek materi, rata- rata persentase skor pada setiap aspek menghasilkan 88,9% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli dari segi aspek konstruk, rata- rata persentase skor pada setiap aspek menghasilkan 91,8% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli dari segi aspek bahasa, rata- rata persentase skor pada setiap aspek menghasilkan 82,8% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji validitas soal menyatakan bahwa soal yang terdiri dari 15 soal, terdapat 13 soal yang memiliki kriteria valid, 1 soal memiliki kriteria kurang valid, dan 1 soal memiliki kriteria tidak valid. Hasil uji reliabilitas soal menyatakan indeks reliabilitas 0,95 dengan kriteria sangat tinggi.

References

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP, 2(1), 39–46.

Dahar, R. W. (2011). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, (5), 148–149.

Erinawati, B. (2016). Pengembangan E-Modul Penggabungan Dan Pemberian Efek Citra Bitmap Belas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).

Halmos, P. R. (1980). The Heart of Mathematics. American Mathematical Monthly, 87, 519–524.

Maini, N., & Izzati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Langkah-Langkah Brainsford & Steint Ditinjau, 7(1), 32–40.

Novalia, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Problem Based Learning (Skripsi, Universitas Sriwijaya. Indralaya).

Permatasari, Arvynda. (2014). Jenis - Jenis Instrumen Dalam Evaluasi Pembelajaran, 24(3), 1–13.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanti, S., Riani Siregar, NA., & Elvi, M. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas XI SMA, 2(2), 44–53.

Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar, 11(03), 78–90.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Newyork: ERIC.

Yarmayani, Ayu. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi, 12–19.

Published

2024-07-21